Jumat, 05 Oktober 2007

Superman Never Die

Ingin Jadi Superhero? Gampang!

Ingin jadi seorang superhero yang sebenarnya? Gampang. Ga perlu jauh-jauh dan mahal. Di Indonesia ada seorang ibu-ibu tua yang bisa melahirkan superhero-superhero yang sesungguhnya. Siapakah dia?

Pada saat membuat karikatur Superman, sambil tertawa-tawa sendiri karena lucu sendiri, aku terkenang saat masih kecil dahulu. Waktu itu, aku termasuk penggemar berat serial tivi Superman loh. Hampir tidak pernah kulewatkan serial yang satu ini. Dalam benakku, terkagum-kagum betapa hebat dan gagahnya sosok Superman itu.

Bertahun-tahun setelah itu, tokoh rekaan dari DC Comics karya seniman Kanada, Joe Shuster dan penulis AS Jerry Siegel pada tahun 1932 itu, tetap hidup dan melegenda hingga sekarang. Mengiringi kesuksesan The Man of Steel, kini bermunculan pula tokoh-tokoh yang nggak kalah oke lainnya seperti Batman, Spiderman, Catwomen, Wonderwomen dll.

So and the so, kapan yah tokoh-tokoh superhero kita seperti Lutung Kasarung, Gatot Kaca, Si Buta dari Goa Hantu, Jaka Sembung, Jaka Tarub, Samson Betawi, Suparman, Suparmin, truz ada Mak Lampir, Mak Erot, Nyi Blorong… Eh, emak-emak dan nyi-nyi masuk nggak yah superhero made in Indonesia?

Hmm…sepertinya kalau Mak Lampir dan Nyi Blorong patut dipertanyakan kredibilitasnya. Tapi kalau Mak Erot? Wah, cocok sekali menyandang julukan superhero yang sebenarnya. Lah kok bisa? Ya iyalah, karena dia bisa membantu ribuan lelaki menjadi ‘superhero’ yang tadinya superloyo. :-D

Jadi, ketimbang mengagumi tokoh rekaan asal luar, rasanya lebih bermakna kalau kita mengagumi superhero kita sendiri seperti Mak Erot itu. ;-P

Tidak ada komentar: